Pendahuluan
Dunia teknologi
yang ada pada zaman ini kita mengenal istilah yang disebut komputer. Komputer
merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk mengerjakan beberapa yang
dpat memudahkan manusia dalam mengerjakannya seperti perhitungan ataupun
hal-hal yang lainnya.
Komputer zaman
dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun
berjalannya waktu teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer
sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun.
Seiiring dengan berjalannya waktu komputer pun mengalami revolusi atau
perubahan sesuai generasinya.
Generasi-generasi
komputer pun menjadi beberapa generasi. Mulai dari komputer yang hanya bisa
mengerjakan hal yang sederhana hingga yang rumit. Bentuk maupun spesifikasinya
pun berbeda. Oleh karena itu komputer sangatlah membantu dalam pekerjaan
manusia
Pembahasan
1. Evolusi
Arsitektur Komputer
Di antara demikian banyak pemahaman tentang
arsitektur, arsitektur dikenal juga sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari
waktu ke waktu wajah arsitektur selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang
mempengaruhi perkembangan dan pengembangan arsitektur tidak hanya berupa
keadaan eksternal, tetapi juga keadaan internal. Dsini kita membahas mengenai
evolusi arsitektur pada komputer. Arsitektur dari komputer sendiri merupakan
suatu susuan tau rancangan dari komputer tersebut sehingga membentuk
suatukesatuan yang dinamakan komputer.
Komputer
sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang.
Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan. Evolusi
pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu
sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakaukan perintah yang sulit
sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang sederhana saja.
Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan
kemampuannya.
2. Klasifikasi
Arsitektur
Pada komputer
terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya
memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi
arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin Von
Neumann :
1. Mempunyai subsistem
hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah
I/O sistem
2. Merupakan
stored-program computer
3. Menjalankan
instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur
(path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn
mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang
dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4
klasifikasi komputer :
1. SISD (Single
Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang
mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu
persatu.
2. SIMD (Single
Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit
kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu
Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple
Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
MIMD Juga
disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
3. Kualitas Arsitektur
Komputer
Kualitas arsitektur
komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau tidak. Komputer
dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal apapun. Begitu juga
komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa
yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang
disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan
arsitektur.
2. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang
selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
3. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakannya.
4. Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk
mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem
pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini
merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5. Daya terap
arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan
komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Lebih
spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat mesin yang berbeda
ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya
atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer memungkinkan
perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas dalarn anggota
rumpun.
4. Faktor Keberhasilan
Faktor keberhasilan
merupakan sesuatu yang membuat dapat terlaksananya suatu hal yang dilakukan.
Dalam komputer faktor keberhasilan merupakan sesuatu yang ada pada komputer
dimana hal itu membuat komputer dapat melaksanakan tugasnya atau yang
diperintahkan pengguna dengan baik.
Ada empat ukuran pokok
yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
Arsitektur ditujukan
untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Maleability
Bila arsitekturlebih
mudah membangunsistem yang kecil, maka akan lebih baik.
3. Expandibility
Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya
komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka akan lebih
baik.
5. Struktur
Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
Ø Unit keluaran (Output Unit)
merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu inputan yang telah dimasukkan
Ø Unit kontrol (Control Unit)
merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan semua
yang terdapat dalam komputer
Ø Unit logika dan aritmatika (Arithmetic
& Logical Unit / ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi
logika dan matematika atau perhitungan
Ø Unit masukan (Input Unit)
yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang dilakukan kepada komputer
oleh pengguna
Ø Unit memori/penyimpanan (Memory
/ Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan komputer
Organisasi Komputer Dasar
Yang di maksud
dengan Organisasi Komputer adalah suatu bagian struktur yang terkait erat
dengan unit-unit operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi
komputer bisa kita artikan sebagai cara bagi komputer (yang didesign oleh
manusia) dalam menkonsolidasikan diri mereka hingga membentuk suatu performa
yang diinginkan, seperti halnya organisasi yang sering kita temukan, organisasi
komputer ini juga memiliki tujuan, tujannya adalah menghasilkan kerja komputer
seperti yang diinginkan manusia sebagai pembuatnya agar dalam proses pengerjaan
suatu kegiatan yang menggunakan dapat di kerjakan dengan lebih mudah,praktis
dan cepat.
Referensi artikel di
atas di ambil penulis dari :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar